Terpopuler:

Apa Yang Menyebabkan Vape Meledak?

04 May 2017 - Kategori Blog

Apa yang menyebabkan mod vape meledak? Perkembangan rokok elektrik atau yang sering di sebut dengan vape telah menjadi bagian inovasi bagi dunia rokok. Semenjak awal vape ini di produksi di negeri bambu, berbagai pendapat pro kontra terus bergulir hingga sekarang dari segi kesehatan maupun kemanan. Mungkin sudah tersebar berita tidak sedap bahwa vape dapat menyebabkan ledakan yang bisa melukai pemakai. Kami tidak menutupi bahwa hal ini ada kemungkinan saja dapat terjadi, tapi perlu digarisbawahi bahwa vape merupakan benda yang berbasis elektronik hingga perlu diperlakukan dan dirawat layaknya barang elektronik pada umumnya. Mudahnya saja handphone anda yang terlalu lama di charge akan menimbulkan kerusakan pada baterai handphone bahkan bisa sampai mempengaruhi handphone itu sendiri. Disini kami akan membahas apa yang menyebabkan mod vape meledak dengan tujuan agar vaper diluar sana terhindar dari kejadian seperti ini.

Satu hal yang pasti, sebelum anda membeli vape dan memakainya sebaiknya anda mengenal jenis vape dan mempelajari bagian dari vape hingga sistem mekanisnya karena hal ini akan membantu bagaimana anda akan merawat vape anda tidak hanya aman digunakan tapi juga lebih awet dipakai. Ketika barang lebih awet dipakai maka anda akan lebih menghemat budget bukan? Umumnya ada 2 faktor yang mempengaruhi vape dapat meledak yaitu “human error” dan kegagalan dari perangkat vape itu sendiri. Berikut penjelasan lebih detilnya..

Charger dan USB Ports

Mungkin banyak yang kurang menyadari bahwa penyebab utama dari meledaknya vape adalah dari  charger. Pada dasarnya para produsen vape telah menyediakan port USB untuk mencharger, tapi ternyata banyak kesalahpahaman mengenai port USB ini dengan menyambungkan port USB pada sumber daya yang tidak seharusnya (tidak kompatibel). Sebenarnya tidak semua port USB diciptakan sama karena masing-masing tegangan dan arus yang dimiliki oleh port USB berbeda. Jadi saat anda menyambungkan port USB tidak pada charger yang disediakan oleh produsen vape tanpa mengetahui spesifikai dan listrik dan USB port tersebut maka resikonya lebih tinggi untuk terjadinya ledakan. Hal ini telah diselidiki oleh FEMA –  US Department of Homeland Security bagian US Fire Administration pada tahun 2014. Beberapa tips dari kami untuk meminimalisir resiko terjadinya ledakan berkaitan dengan charger :

  • Jika anda membeli vape yang sudah termasuk charger dan baterai, maka gunakan hanya charger yang memang sudah tersedia sejak awal
  • Jika anda membeli charger dan baterai yang terpisah, belilah dari sumber terpercaya agar terhindar dari barang palsu. Charger abal-abal terkadang tidak memiliki sistem keamanan yang memadai seperti limiter.
  • Usahakan jangan menyambungkan port USB dengan sumber daya lain di luar charger aslinya, misalnya disambungkan pada laptop.
  • Lebih aman jika menggunakan charger external (dengan kondisi baterai yang dicharger terpisah dari perangkat vape)

 penyebab vape mod meledak

(penjelasan gambar : meledak akibat sambungan USB port yang tidak sesuai)

Baterai

Ya, charger dan baterai merupakan 2 hal yang tak bisa dipisahkan. Saat kita sudah memahami baiknya bagaimana kita mencharger  maka dari segi baterai juga sebaiknya diperhatikan. Perlu diketahui bahwa jenis struktural silinder baterai pada vape memiliki perangkat yang terlemah dibandingkan dengan baterai benda elektronik lainnya. Sehingga ketika segel baterai pecah (bocor) dan terjadi tekanan di dalam silinder baterai yang mendorong ke seluruh ruangan dari isi baterai sehingga terjadilah yang kita sebut ledakan. Berbeda dengan benda elektronik lainnya seperti handphone atau tablet yang mempunyai pelindung terbuat dari plastik yang cukup kuat dan menyelimuti baterai sehingga mengurangi resiko terjadinya ledakan. Beberapa hal yang dapat memicu baterai meledak adalah :

  • Baterai yang terlalu panas akibat sambungan USB port dengan sumber daya yang tidak sesuai
  • Terlalu lama di charger
  • Korsleting
  • Kondisi panas dari faktor eksternal, contohnya terkena sinar matahari secara langsung

Tips kami untuk menghindari baterai cepat panas sehingga terjadinya ledakan :

  • Simpanlah baterai atau vape anda terhindar dari terkena langsung sinar matahari atau tempat panas lainnya.
  • Gunakan charger yang cocok dengan jenis baterai yang dipakai.
  • Jangan melakukan aktifitas vaping bersamaan saat di charger

penyebab mod vape meledak

(penjelasan gambar : baterai vape tanpa memiliki pengaman berupa plastik yang kuat untuk meredam kekuatan baterai saat meledak)

Jenis MOD

Seperti yang sudah pernah kami bahas sebelumnya mengenai jenis mod pada vape sampai saat ini ada 2 jenis yaitu, mod mekanikal dan mod elektrikal. Mod elektrikal pada dasarnya mempunyai fitur untuk mengatur besaran voltage dan wattage sehingga menghasilnya seberapa tenaga yang ingin digunakan dan juga sekaligus mengamankan. Sedangkan mod mekanikal merupakan mod yang menampung baterai untuk menghasilkan tenaga yang langsung disalurkan pada koil.

Menggunakan mechanical mod memang menuntut kita untuk mengerti Ohm Law. Pada intinya adalah hindari membuat coil dengan ohm terlalu rendah karena akan membuat baterai stress, panas, dan pada beberapa kasus meledak.  kamu bisa mempelajari mengenai ohm law di artikel ini –> Mempelajari ohm law

Jadi sudah terlihat jelas bedanya bahwa mod elektrikal dapat diatur secara otomatis,sebaliknya mod mekanikal diatur secara manual melalui kawat koil yang disusun berdasarkan rumusan ohm meter. Dari hasil review kami, peristiwa ledakan umumnya terjadi pada mod mekanikal karena kurangnya pengetahuan mengenai bagaimana mengatur koil koil dengan benar sehingga rumusan ohm tidak sesuai. Dari hasil rumusah ohm yang tidak sesuai maka akan membuat baterai akan cepat panas, hal inilah yang dapat memicu terjadinya ledakan. Memang dari segi harga mod mekanikal lebih menggiurkan dibandingkan elektrikal, tapi menurut kami mod mekanikal lebih cocok digunakan pada vaper expert.

penyebab mod meledak

(penjelasan gambar : contoh mod mekanikal yang tidak mempunyai fitur pengaman)

Pada akhirnya, kesimpulan kami adalah pengetahuan dasar mengenai vape cukup penting sebelum memutuskan membeli yang mana. Setelah anda sudah membeli vape yang sesuai dengan keinginan anda, maka budidayakan membaca manual book (buku instruksi) yang terdapat di dalam box vape. Mungkin secara fungsi dasar setiap vape bisa sama akan tetapi fungsi secara spesifik setiap merk vape tentunya berbeda. Semoga ulasan kami mengenai apa yang membuat mod vape meledak dapat membantu anda.

 

 

 

, , , , , , , , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *